Senin, 12 Mei 2008

The Canditates of International Class Teacher, Training and Training and Trainiiing....

Hari ke-2

Sabtu, 10 Mei 2008
Aula Gema Nurani

Acara hari ini diikuti oleh 35 orang peserta; staff perguruan, kepala TK, SD & SMP, juga para guru kandidat untuk kelas Internasional. Acara dibuka tepat pukul 08.30 wib oleh Bapak Drs.H.Mizwar Nur,M.pd selaku Ketua Yayasan Asasi Indonesia dengan kata sambutan selamat datang kepada para guru kandidat Kelas Internasional, kemudian dilanjutkan oleh Bapak Rauf,S.kom. sebagai kapala PSDI di Gema Nurani dengan memberikan motivasi kepada audiens, dan memutarkan film GAZA tentang anak-anak Palestina yang menjadi korban pembantaian yahudi israel, dan film singkat ini cukup membuat audiens menitikkan airmata. Mungkin inilah perbandingan situasi yang harus banyak kita syukuri.Hari ini yang kita perjuangkan adalah anak-anak milik Islam, bukan hanya untuk indonesia, tapi juga dunia. Kalau saudara kita di Palestina berjuang dengan darah dan airmata, maka kerja keras kita hari ini sungguh tidak sebanding dengan mereka, kita berjuang dalam arena yang alhamdulillah penuh kedamaian, masih bisa bercanda dan tertawa dan perut yang alhamdulillah selalu kenyang. Jadi, azzam yang kuat untuk memperbaiki diri dengan menguasai bahasa Inggris dan memperbaiki teknik mengajar dikelas agar bisa mentarbiyyah anak-anak didik dikelas Internasional itu harus ada, kita punya kemampuan dan Insya Allah kita pasti bisa. Begitulah kira-kira pesan motivasi yang diberikan Kapala PSDI untuk para peserta acara pagi ini.

Agenda hari ini adalah lanjutan materi pengajaran di kelas Internasional oleh DR. Hasni dan kemudian mengenai pemaparan NCC Program yang berhubungan dengan komputer yang akan di ajarkan dikelas oleh Puan Zaitun. Agenda hari ini lebih padat dari kemarin karena akan di pandu oleh dua orang pembicara dengan materi yang berbeda. Namun semangat para peserta masih ada saat mendengarkan penyampaian dari DR. Hasni mengenai ADNI International Islamic School of Malaysia. Semua dijelaskan dengan ringkas, mengenai Motto ADNI, Phylosophy, Mission, Methodology, System, dan Kurikulum yang diajarkan. Audiens masih antusias sampai dzuhur menjelang.

Ba’da dzuhur,…
acara disambung lagi, kali ini Puan Zaitun menyampaikan presentasinya didepan audiens mengenai NCC, bahwa dalam NCC Program itu, level tidak tergantung kepada usia, melainkan seberapa jauh penguasaan anak terhadap program tersebut. Dan jika sudah melalui satu tahapan, maka anak didik akan mengikuti tes dimana hasilnya nanti berupa serifikat bisa dipakai dibelahan dunia yang mana saja, karena program ini sudah berstandar internasional. Untuk guru, semua material planningnya tidak perlu lagi berserakan, karena bisa langsung masuk ke dalam program NCC dan dapat diakses saat akan mengajar ataupun sedang berlangsung proses belajar mengajar, sehingga seorang guru dikelas Internasional tidak akan kekurangan materi yang akan diajarkannya. Setelah penyampaian panjang lebar mengenai NCC oleh Puan Zaitun, audienspun cukup lelah karena bahasa maupun bahasannya menyita banyak perhatian, mungkin karena bahasa pengantarnya campur Inggris-Malaysia, dan programnya juga mengenai komputer. Ya, tapi inilah yang harus kita biasakan nantinya, komputerisasi dan terbiasa berbahasa Inggris. Kemudian acara ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ibu Yurma langsung menanyakan perihal teknik pentarbiyahan dalam kelas Internasional, mengenai cara pembuatan silabus, RPP dan perbedaan cara pengajaran melalui Coaching, Training, Advisory dan Consult kepada DR. Hasni. Lalu DR. Hasnipun menerangkan dengan singkat bahwa Gema Nurani tidak bisa mengcopy habis apa yang ada di ADNI, karena ada hal-hal mendasar yang pasti berbeda antara pengajaran di Indonesia dan Malaysia, untuk itulah Dr Hasni dan team datang ke GN untuk memberikan bimbingan mengenai persiapan itu. Kalau untuk buku, GN bisa menggunakan buku-buku ADNI. Tapi untuk kurikulum, RPP dan silabus itu semua dirancang oleh Gema Nurani. Hmm,.. jadi paham deh, mana-mana yang bagian kita dan mana-mana yang bukan. Kemudian acarapun berakhir sekitar pukul 3.30 wib (waktunya shalat Ashar). Alhamdulillah, semoga apa yang sudah didapatkan hari ini menjadi amalan yang bermanfaat dikemudian hari.(lnsr)

Tidak ada komentar: