Kamis, 29 Mei 2008

Pertemuan Orang tua Murid SDIT GN dengan PIT Gema Nurani

Bekasi
Kamis pagi, 29 Mei 2008 sekitar pukul 7.30 wib, Perguruan Islam Terpadu sudah mulai ramai dikunjungi orang tua murid. Sebenarnya hal ini sudah menjadi pemandangan yang biasa di Gema Nurani, karena banyak orang tua murid yang mengantarkan anaknya ke sekolah. Tapi hari ini lain, karena kedatangan mereka sebagai tamu undangan untuk menghadiri pertemuan yang akan membahas mengenai Sosialisasi Seragam Sekolah & Kenaikan SPP.Pertemuan hari ini kami rasa sangat penting, mengingat harus adanya kebersamaan antara Gema Nurani Integrated Islamic School dan Orangtua Murid serta itikad baik antara pihak-pihak yang ada untuk dapat duduk bersama membicarakan perbaikan kualitas mutu pendidikan anak-anak didik yang diamanahkan di sekolah ini bersama-sama, baik dari pihak Perguruan, Lembaga SDIT, Komite Sekolah maupun Wali Murid.

Alhamdulillah, antusias Wali Murid cukup bagus meskipun didominasi oleh para ibu, namun ada juga Bapak yang menyempatkan diri untuk hadir ke sekolah.

Pertemuan I dihadiri oleh sekitar 30 Wali Murid Siswa kelas III SDIT Gema Nurani.
Dimulai sekitar pukul 08.00 wib di Gedung Aula Gema Nurani. Pertemuan pagi ini cukup lancar, dipimpin oleh Kepala Sekolah SDIT Bp. Nurozi S.Hut, dan sebagai Pembicara adalah Direktur GNIIS, Ibu Dra. Hj. Asmida, kemudian Ka. Keuangan, Bp. Fitra Jaya SE. memaparkan kondisi keuangan GNIIS secara umum. Setelah penjelasan dan sosialisasi selesai, para Wali Murid menyampaikan beberapa pertanyaan, kritik dan saran. Sekali lagi ucapan alhamdulillah tak berhenti digumamkan karena semua pihak dapat menyampaikan aspirasi, kritik dan saran-sarannya untuk perbaikan GN dengan santun dan bijak. Hal inilah yang sangat diharapkan oleh pihak GNIIS, Sebagaimana firman Allah QS (3:159) " Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu..."

Subhanallah,... apa yang disampaikan dengan lemah lembut ternyata memang lebih mengena dihati, dan seperti itulah seharusnya seorang Muslim. Insya Allah Agenda Pertemuan kali ini dapat diterima dengan 'legowo' oleh semua pihak dan berakhir pukul 10.00 wib.

Pertemuan ke-2 dihadiri oleh 35-an Wali Murid Siswa kelas IV SDIT Gema Nurani.Dimulai sekitar pukul 13.30 wib dipimpin oleh Bp.Nurozi S.Hut selaku Kepala Sekolah SDIT GN dan Direktur Perguruan, Dra.Hj Asmida selaku Pembicara. Ibu Direktur diawal pembukaannya menjelaskan panjang lebar mengenai alasan diputuskannya Kenaikan SPP sebesar Rp.40.000 dan Seragam Sekolah kepada para wali murid. Beberapa pertimbangan utama adalah:
1. sudah tidak memungkinkannya lagi biaya operasional sekolah jika tidak mendapat support dari kenaikan SPP siswa.
2. kenaikan ini baru terjadi kembali setelah 3 tahun (2005 terakhir SPP dinaikkan). Sementara untuk Seragam sekolah SDIT Level 2 naik ke Level 3 & Level 4 naik ke Level 5 harus diganti.
Pertimbangan utama adalah
1. Cepatnya pertumbuhan anak-anak seusia mereka, sehingga orangtua juga harus ikut memperhatikan pertumbuhan anak-anaknya (terutama anak putri/akhwat) agar dapat memantau apakah pakaian sekolah mereka masih layak pakai / tidak. Jika TIDAK, harus segera diganti.

Setelah pemaparan dan penjelasan selesai, ada beberapa orangtua siswa yang menyampaikan saran dan kritikan.
Mama Anisa IVB
-mengusulkan agar kewajiban membeli pakaian Atas (Baju) dan Bawahan (Rok/Celana) tidak satu paket tapi terpisah, sehingga lebih meringankan orangtua.

Mama Edo IVB
- Setuju dengan kenaikan Rp. 40.000, tapi minta diberikan keringanan untuk yang agak kurang ekonominya.
- Jangan dikirimkan lagi surat sepotong kepada Orangtua untuk mengingatkan belum lunasnya pembayaran Siswa.
Mama Evelyn IVD
-Pembelian kalender tahunan wajib/tidak? Jangan karena tidak membeli kalender raport ditahan.
Mama Ahmad IVB
-Sebaiknya pihak Perguruan bisa memberikan transparansi keuangannya kepada Orangtua Murid.
Lalu semua pertanyaan tersebut dijawab oleh Ibu asmida selaku Direktur Perguruan.


"Ibu-ibu yang sholihah, Kami setuju kalau pakaian seragam yang harus dibeli tidak harus sepasang/atas-bawah. Tapi sekali lagi, tolong diperhatikan pakaian anak-anaknya, apakah masih layak pakai/tidak. Karena seragam itu yang mereka pakai hampir setiap hari."

"Kemudian untuk keringanan iuran di gema Nurani sudah sangat mentolerir sekali keadaan ibu-ibu, karena sistem sekolah ini adalah ta'awun, saling membantu dengan cara subsidi silang. Ada anak-anak dhuafa yang biayanya perlu subsidi, ada anak yatim-piatu yang tidak bayar disekolah ini. Jadi kalau memang tidak mampu membayar lunas, langsung menghadap KepSek/Ka.Keuangan/ langsung dengan Saya, nanti bisa dibicarakan berapa kali kesanggupan mencicilnya. Tapi azzam kita harus diperkuat dulu, bahwa kita mampu membayar, Insya Allah kita mampu, karena rezeki itu datangnya dari Allah."


"Kalau untuk surat sepotong sebagai "warning" itu memang sudah tugas bagian keuangan untuk mengingatkan ibu-ibu semua, jadi tidak bisa ditiadakan."

"Kalender tahunan itu wajib di beli ibu-ibu." Begitulah jawaban-jawaban Ibu Direktur, Insya Allah bisa dipahami dengan baik oleh para Orangtua Murid. dan selanjutnya Ka. Keuangan memberikan penjelasan singkat mengenai keuangan Perguruan, sesuai permintaan Mama Ahmad tadi.

Udara diluar cukup menyengat siang ini, ruanganpun cukup ramai karena di hadiri sekitar 40 an peserta rapat. ditambah lagi dengan beberapa pertanyaan dan kritik yang dilontarkan cukup pedas menjelang akhir acara, pihak Wali Murid membuat dinginnya hembusan AC nyaris tak terasa.

Meskipun waktu sudah hampir final, masih ada beberapa orangtua murid yang antusias melontarkan kritikan-kritikannya dan sangat disayangkan karena mereka tidak mau menerima penjelasan dengan kepala dingin dan lapang dada, sehingga membuat suasana kurang nyaman dan pertemuan berakhir dengan debat kusir. Kami sebagai pelaksananpun memperbanyak istigfar dan memohon kekuatan hati dan kesabaran, Alhamdulillah, meskipun mungkin tidak seperti kesan pada pertemuan pagi tadi, pertemuan siang ini tidak ada kegaduhan yang berarti, alhamdulillah Ibu Hj Asmida bisa meredam suasana dan mengakhiri pertemuan dengan ahsan, Insya Allah....Pertemuan berakhir pukul 13.30 wib.

Pertemuan Ke-3 Dihadiri oleh 8 orang Wali Murid kelas-V, Acara masih dipimpin oleh KepSek SDIT, Bp. Nurozi .S.Hut dan Pembicara Bp. Ar-Rauf S.Kom selaku PSDI mewakili Ibu Direktur GNIIS Dra.Hj.Asmida.Pada Pertemuan sore ini Bp. Rauf demikian panggilan akrab beliau, menyampaikan bahwa sebenarnya Pihak Perguruan berharap tidak ada kenaikan SPP untuk siswa-siswi kelas V, tapi ternyata realitas dilapangan memang sudah tidak memungkinkan untuk tetap bertahan. Maka jadilah keputusan akhir, kenaikan SPP kelas V sebesar Rp.50.000.

Penjelasan ini diterima dengan lapang dada oleh pihak Wali Murid, dan merekapun menyampaikan kritik dan saran-saran dengan ahsan, diantaranya:

Ibu Sulis (Orangtua Arif H VA)
-Saya setuju dengan kenaikan tersebut, tapi ada saran, sebaiknya seragam OlahRaga kembali lagi seperti kualitas tahun kemarin, bahannya lebih tebal dan lebih awet.

Ibu Ratna (Orangtua Irfan Halim VC)
- Saya setuju dengan kenaikan tersebut, tapi mohon untuk kelas 6 nanti, kelasnya dipindah, karena anak-anak sudah boring berada 2 tahun dikelas yang sama.-Untuk akhirussanah sebaiknya diadakan di Sekolah saja, agar menghemat pengeluaran. Karena kami harus menyiapkan dana untuk masuk SMP

Hal inipun di tanggapi dengan persetujuan dari Pak Rauf,
-"Kami setuju bahwa untuk kedepan kita akan pesan seragam OlahRaga sesuai kualitas tahun lalu. meskipun kita harus menghabiskan dulu stok yang ada sekarang."
-"Ya, Insya Allah untuk kelas 6 memang akan dipindah, tidak dikelas yang sekarang mereka tempati."
-"Ya, Insya allah kami memang sudah merancang Akhirussanah di Gema Nurani, untuk efisiensi waktu, tenaga dan biaya.
Dan, pertemuan ini diakhiri dengan informasi adanya Program Beasiswa ke ADNI Internasional Islamic School di Malaysia & Al Irsyad Islamic School di Singapura bagi siswa/i berprestasi, Insya Allah akan dilaksanakan pada Maret 2009. Mari bantu kami dengan doa. Acarapun berakhir pukul 15.15 wib.


Insya Allah semua bisa terwujud dengan azzam dan usaha maksimal sebagaimana lanjutan QS diatas (3:159) ...Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai Orang-Orang yang Bertawakkal kepadaNya. Alhamdulillah,..pertemuan demi pertemuan telah selesai dilaksanakan, Hanya Allah yang bisa memberikan yang terbaik, kita hamba-hambaNya tempatnya salah, khilaf dan lupa. Semoga Allah SWT mengampuni semua kesalahan kami hari ini dan meneguhkan hati-hati kami untuk tetap istiqomah berjuang di dunia Pendidikan Islam, berusaha maksimal memberikan yang terbaik bagi generasi-generasi (Lina Sri Rosmawan,S.S)

Tidak ada komentar: